CSR

 

CSR Besarkan Sido Muncul

 

Kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) yang sudah dilakukan sejak tahun 1991 membuat PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk jadi semakin besar. Karena dengan apa yang dilakukan itu setidaknya dapat membantu apa yang menjadi kebutuhan masyarakat dan sebaliknya masyarakat bakal mengenal dan mengetahui apa yang telah dilakukan perusahaan ini.

 

Setidaknya ada beberapa macam kegiatan yang sudah dilakukan oleh Sido Muncul dalam melaksanakan kegiatan CSR mulai dari Mudik Lebaran Gratis, Operasi Mata Katarak, Pemeriksaan Mata Anak Sekolah Dasar, Dana Amal Untuk Berbagi Panti Asuhan dan Dana Bantuan Untuk Penderita Hidrosephallus, Promo Pariwisata Melalui Iklan Kuku Bima Energi dan Program Go Green Sido Muncul.

 


 

Mudik Lebaran Gratis

 

Ide ini bermula ketika perusahaan ingin memberikan penghargaan kepada para penjual jamu. Jika memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) atau hadiah lainnya, rasanya kurang menyentuh substansi masalah yang dihadapi oleh para penjual jamu saat menjelang lebaran, yaitu mudik secara nyaman dan aman. Maka di tahun 1991 itulah, SidoMuncul mengadakan program Mudik Lebaran Gratis dan terus berlangsung secara konsisten hingga kini.

Bermula dari 17 unit bus pada tahun 1991 dengan 1.000 pemudik dengan tujuan Cirebon dan Kuningan saja, program Mudik lebaran SidoMuncul telah berkembang dari tahun ketahun hingga pada tahun 2002 SidoMuncul yang dianggap sukses telah memberangkatkan 126.000 pemudik saat itu, serta mendapatkan penghargaan tertinggi dari Departemen Perhubungan dan diserahkan oleh Menteri Perhubungan, Agum Gumelar saat itu.

Pada perayaan ke-25 pelaksanaan program mudik lebaran di tahun 2014, SidoMuncul memberikan transportasi gratis bagi kurang lebih 20.000 pemudik yang terbagi dalam 310 unit bus, ke berbagai daerah dan kota di Jawa Barat dan Jawa Tengah, seperti Cirebon, Solo, Wonogiri, Banjarnegara, Kuningan, dan Tegal.

Program Mudik Lebaran Gratis yang setiap tahun diadakan ini merupakan bentuk tanggung jawab social dan kepedulian kami kepada para penjual jamu. Sebagai salah satu pemangku kepentingan dalam mata rantai usaha Perseroan yang merupakan ujung tombak dalam pemasaran produk kami. Penyelenggaraan Mudik Lebaran Gratis ini merupakan suatu hal yang membanggakan. Intinya, mewujudkan kebahagiaan bagi para pemudik. Melalui acara ini juga diharapkan sedikit banyak bisa meringankan beban pemerintah dalam mengatasi kesulitan angkutan mudik Lebaran.


 

Operasi Mata Katarak Tolak Angin 

 

Di Indonesia penderita katarak masih sangat tinggi terutama dari golongan masyarakat kurang mampu. Ketidak tahuan masyarakat bahwa katarak bisa sembuh dengan operasi dan ketiadaan biaya untuk pengobatan, membuat jumlah penderita katarak meningkat setiap tahunnya.

Dalam menanggulangi masalah ini SidoMuncul melakukan Gerakan Penanggulangan Buta Katarak di Indonesia yang diresmikan oleh Wakil Presiden RI Budiono pada tanggal 15 Januari 2011. SidoMuncul bersama Persatuan Dokter Mata Indonesia, Gerakan Mata Hati dan Palang Merah Indonesia mensosialisasikan keadaan dan perkembangan katarak di Indonesia dan menggalang bantuan bagi penderita katarak melalui iklan TV dan media cetak.

Selain menganggarkan dana untuk membiayai operasi katarak, di dalam iklannya, Sido Muncul juga memberikan informasi kepada masyarakat jika ingin menyalurkan bantuan untuk baksos Gerakan Penanggulangan Buta Katarak melalui lembaga lain. Sampai Maret 2014, Sido Muncul telah melakukan 33.109 baksos katarak.

 


 

Pemeriksaan Mata Anak Sekolah Dasar

 

Program bantuan pemeriksaan mata dan pemberian kacamata gratis bagi anak Sekolah Dasar diharapkan bisa mengurangi gangguan mata pada anak-anak sejak usia dini. Umumnya masyarakat enggan memeriksakan mata anak sebelum mereka mengalami gangguan mata secara serius, khususnya bagi masyarakat kurang mampu. Hal ini biasanya terjadi akibat keterbatasan biaya. Maka, kami bekerjasama dengan Persatuan Dokter Ahli Mata Indonesia (PERDAMI) dan Dinas Pendidikan memulai kegiatan ditahun 2013 di SD-SD wilayah Semarang dan sekitarnya, kemudian di daerah Yogyakarta dan tahun 2014 kegiatan dilakukan di Surabaya dan kota-kota lainnya.

Mereka akan mendapatkan kacamata gratis setelah diperiksa oleh dokter dan dianggap mengalami gangguan mata/refraksi, seperti rabun jauh. Selain itu, pada acara Bantuan Pemeriksaan Mata dan Pemberian Kaca Mata Gratis ini juga diadakan penyuluhan tentang pentingnya menjaga kesehatan mata.

 


 

Dana Amal Untuk Berbagi Panti Asuhan

 

kepedulian terhadap anak panti asuhan sangat perlu dilakukan mengingat anak-anak tersebut sangat membutuhkan perhatian dan dukungan untuk terus dapat berkembang.Berbagi kasih bersama anak-anak panti asuhan saat Ramadan merupakan kegiatan rutin yang selama ini telah dilakukan Sido Muncul.

Bantuan kepada 1000 anak panti asuhan merupakan salah satu program CSR yang dilakukan Sidomuncul sejak beberapa tahun lalu. Berbagai anak panti asuhan yang telah mendapat santunan selama ini antara lain Jakarta, Pamulang Bogor, Karawang, Purwakarta, Semarang, Banjarmasin, Lampung, Medan, dan Bali.

 


 

Promo Pariwisata Melalui Iklan Kuku Bima Energi

 

Sido Muncul berkomitmen mempromosikan keindahan Indonesia melalui iklan Kuku BimaEner-G!, sebab pariwisata Indonesia sangat kaya dan jika bisa maju, maka akan semakin banyak orang yang bisa hidup dari sektor ini.

Dengan adanya iklan pariwisata , setidaknya akan mengenalkan potensi lokal yang dimiliki Indonesia kepada masyarakat yang lebih luas dan membangun budaya cinta tanah air. Hingga saat ini promo pariwisata yang dilakukan melalui iklan Kuku Bima Energi antara lain Wamena, Maluku, Sumbawa Barat, Labuan Bajo, Semarang, Jawa Tengah, Yogyakarta, Sumatra Utara dan Danau Toba.

 


 

Program Go Green Sido Muncul

 

Untuk mendukung program ‘Go Green’, perusahaan banyak berpartisipasi melalui program penghijauan di daerah-daerah tandus atau pun pantai yang sering terkena erupsi, seperti berpartisipasi dalam penanaman 10.000 bibit pohon mangrove pada saat memperingatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Pantai Moro Demak bulan April tahun 2012.

Untuk di area lingkungan pabrik, untuk mengatasi masalah limbah cair, dilokasi pabrik kami dipasang instalasi pengolahan air limbah sehingga air limbah dapat diolah menjadi air untuk menyirami tanaman. Sedangkan limbah padat dari buangan sisa ekstraksi akan diolah menjadi pupuk organik.

Dengan upaya penanganan limbah tersebut, diharapkan Sido Muncul menjadi perusahaan yang ramah lingkungan. Setidaknya lokasi seputar pabrik pun akan lebih asri karena tanaman yang tumbuh subur. Jika perusahaan besar mampu melakukan gerakan hijau, tentu pada skala yang lebih kecil, bisa dilakukan hal yang sama.